Kamis, 18 Maret 2010

What the teacher is, is more important than what she teaches.

Firstly, i want to dedicate this post to my dearest teacher, Mrs Betty

Ibu Betty itu guru matematik gue. Kebetulan guru matematik di sekolah gue bukan cuma dia doang. Gue dapet kelas matematiknya bu Betty pas kelas 10 sama sekarang pas gue kelas 12. Sebelumnya gue juga pernah diajarin guru matematik yang lain. And i think she's the best teacher that i ever know :)

Bu betty umurnya udah 60an, ya emang udah gak muda lagi buat jadi guru. tapi gue tau she still have a passion for teaching people. Itu yang bikin gue salut sama dia. Sebelum2nya, dia emang bukan guru favorit gue, tapi hari ini i change my paradigm.

Semua murid juga tau kalo dia guru paling killer. Gue aja pernah kepikiran buat ngasi dia predikat "SI TELUNJUK MAUT" soalnya kalo dia udah ngasi soal dan mandangin muridnya satu2, gue udah tau kalo dia bakal nunjuk salah satu murid di kelas gue buat maju ke depan dan ngerjain soal. Terus dia pasti bakalan bilang gini, "Ayo nak, kalo salah gak akan dimarahin loh nak. Kalo gak bisa ya nanya toh nak, gak akan dimarahin, bener" eh nyatanya begitu temen gue maju ke depan, dan salah ngerjain langsung aja kena semprot sama dia, "Ya ampun gimana toh nak, gini aja kok gak bisa nak?!! SD nya kamu dimana toh nak?! Begini kok bisa lulus SMP?! Kepala kamu isinya apa toh nak?!!" doi langsung ngomel panjang lebar gak lupa logat jawanya.
Bahkan dia pernah ngomelin temen gue yang salah ngerjain di depan begini, "Begitu aja gak bisa nak?!!?! sampe rumah bener loh nak langsung keramas, mandi kembang kalo perlu!!"

mati gak lu. Bu betty tuh kalo ngomong nyelekit abis. Lucky me, setau gue dia gak gitu hafal nama gue, sumpah gue jarang banget disuruh maju sam
a dia. Jadi selama ini hidup gue aman terkendali pas kelasnya dia. Tapi jujur aja gue juga gak nyaman kalo harus nontonin temen gue yang dibentak dia di depan kelas. kalo kata salah satu temen sekelas gue, Pram "Ah lo pada kalo udah pelajarannya bu Betty aja lo semua nunduk kayak ANAK BABI" hahahahahaha tapi emang bener sih. Jujur aja gue juga selalu nunduk dan pura2 gak liat kalo dia udah mau siap2 nunjuk siapa yang bakalan maju ke depan..

Di blog gue sebelumnya gue juga sempet bilang, kalo sekiller2nya dia, dia juga baik banget sih. Ih ya ampun Bu betty itu baiknya kelewatan. Makanya galaknya dia tuh ketutup banget sama bijaknya dia. Hal yang paling ngebedain dia sama gur
u2 lain:
  1. kalo dapet kelas pagi, pasti dia ngasi renungan dulu. Dan sadar atau gak sadar itu bikin hati tenang banget pagi2
  2. kalo ada muridnya yang ulang taun pasti dia sempet2nya mimpin doa dulu buat ngedoain yang ulang taun hari itu
  3. ditengah2 kestressan guru2 lain buat ngadepin UAN yang makin deket, dia bahkan sempet buat ngajak murid2 nonton satu film yg bagus bgt di aula (gue lupa judulnya apa) dan film itu bener2 memotivasi anak2 bgt
  4. inget waktu ada klepto di kelas gue? disaat semua guru berusaha buat nyari tau siap pelakunya, tapi dia malah lagi2 mimpin doa di depan kelas buat ngedoain si klepto gadungan itu
  5. dia juga pernah muterin satu lagu bagus bgt ditengah2 jem pelajaran dan lagi2 itu memotivasi dan menginspirasi anak2
Dan hari ini, kelas terakirnya dia (karna senin depan gue udah UAN, it means gue udah gak ada pelajaran intensif di kelas lagi) tadi pagi itu bener2 terakir dia ngajar kelas gue 12 ips 2. Dia minta maaf kalo dia ada salah, akhirnya dia bilang semuanya kalo pribadi dia emnag keras bgt. Sebenernya dia gak pengen marah kalo ada muridnya dia gak bisa ngerjaian soal di depan kelas, dia udah coba tahan dan ngerubah sifatnya dia, tapi emang susah. Dia udah puluhan taun ngajar, dan dia tetep gitu2 aja dari dulu. Maunya dia cuma 1, muridnya bisa jd "orang" di kemudian hari. Makanya dia ngegembleng banget anak2 muridnya sampe bisa, ya walopun caranya mungkin bikin sakit ati muridnya. Terus tadi anak2 disuruh nyampein semua unek2 tentang dia, termasuk gue. Dan td gue nangis :( sedih bgt gue gak tahan. Bodo amat deh mau dibilang cengeng, yg pasti td gue dan tmn2 gue yg pasti cewek2 ya, pd terharu bgt. dan lagi2 dia ngajak nyanyi bareng terus doa sama2. Sebelum dia keluar kelas dia memotivasi anak2 lg dan ngasi semangat supaya lancar ngerjain UAN nya senin depan. karna dia Katolik, bahkan dia sempet ngeberkatin anak2 dengan ngasi tanda salib di jidat anak2 satu2. Hal yang gak biasa dilakuin guru2 lain bukan?

Intinya hari ini gue tau dan mengenal sisi lain dari guru matematik gue, Ibu Betty. gue bersyukur bgt dikasi kesempatan bisa diajarin matematik sama dia. Malahan td gue bilang sama Ika, kalo gue punya anak, gue mau ngelesin mat anak gue sama Bu betty aja hahahaha

dan sekarang gue sadar kalo Bu Betty itu...

one of the best teachers, who teach from the heart, not from the book


May God always bless you & your family, Mrs Betty
May God give you longevity, joy, happiness, patience, and fully wisdom
Amin
love you full, Mrs Betty



2 komentar:

  1. sedih banget flo bacanya. krn gw merasakan hal yg sama kayak yg lo rasain jg. sama persis. gw juga ga tralu diinget kok sm bu betty dulu wlpun akhirnya dia sering juga sebut nama gw. :') dan dia emang guru terbaik di absis yg pernah gw kenal. wibawanya ngena banget deh.. kalo ga diajarin sm dia matematiknya, gw gatau deh nilai uan gw bisa berapa.. eheheh..
    enjoy every single time you experience in high school and good luck for uan :D

    BalasHapus
  2. ka flooo, terharu banget deh bacanya. dan emang yaa bu betty walopun galak2 begitu, tapi baenyaa setengah mati udah gitu suka ngelucu lagi. ga kayak guru biasanyaa. nice post ka flo! :)

    BalasHapus